Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Google di Android Tanpa Root

' ' ' '
Menghapus Aplikasi Bawaan - Semua smartphone yang menggunakan OS Android, sudah pasti dilengkapi dengan aplikasi bawaan google. Sebenarnya maksud Google menyematkan aplikasi-aplikasi tersebut, untuk memudahkan pengguna agar tidak perlu mendownload lagi.

Tapi sayangnya banyak pengguna yang merasa terganggu, dengan adanya aplikasi bawaan yang sudah dibundling dengan smartphone android. Aplikasi bawaan android sering kali tidak banyak digunakan bagi pengguna smartphone, dan mereka lebih suka menggunakan aplikasi lainnya yang serupa.

Tentu saja hal ini akan membuat duplikat aplikasi, karena ada dua aplikasi dengan fungsi serupa dalam satu smartphone. Jelas adanya duplikat aplikasi ini, akan memakan ruang penyimpanan pada smartphone tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android Tanpa Root

Merasa terganggu dengan aplikasi bawaan android, tentu saja banyak dialami oleh para pengguna smartphone android. Tapi mau bagaimana lagi, karena bundling aplikasi-aplikasi Google di OS Android, merupakan kebijakan dari pihak Google sendiri.

Sebenarnya pengguna bisa saja menghapus aplikasi bawaan di android, jika smartphone yang digunakan sudah di-root. Jika smartphone sudah di-root, maka pengguna bisa menghapus aplikasi bawaan, dan menghapus aplikasi system yang tidak berguna.

Tapi sayangnya hal ini tidak lepas dari masalah. Karena banyak kasus software smartphone jadi bermasalah, akibat melakukan root android. Bahkan yang paling parah, smartphone bisa mengalami boot-loop atau mati total karena di-root.

Selain itu, jika smartphone sudah di-root, maka garansinya akan hangus. Jadi, jika ada masalah pada software Android, pengguna tidak akan bisa mengklaim garansi, apabila smartphone-nya sudah di-root.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan di android. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pertama buka menu Settings > Apps, kemudian cari aplikasi yang ingin dihapus.
2. Selanjutnya klik pada aplikasi tersebut

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android Tanpa Root

3. Jika sudah masuk ke dalam menu pengaturan aplikasinya, silahkan klik tombol Disable. Lalu akan     muncul peringatan, kamu bisa melanjutkannya dengan klik Disable App.
4. Kemudian akan muncul peringatan, bahwa aplikasi tersebut akan dikembalikan ke versi pabrik.         Kamu bisa klik tombol OK untuk menghapus aplikasi bawaan android tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android Tanpa Root

5. Selesai.

Baca Juga: Software Perekam Layar PC Terbaik

Jika kamu sudah men-disable aplikasi bawaan android itu, artinya aplikasi tersebut tidak akan muncul lagi pada daftar aplikasi di App Draw. Tapi kamu masih bisa melihat aplikasi tersebut di menu Settings > Apps, lalu rubah All Apps menjadi Disabled.

Jika sewaktu-waktu kamu ingin mengaktifkan aplikasi bawaan android tersebut, silahkan ikuti langkah di atas dari awal. Bedanya, kamu hanya perlu menekan tombol Enable, untuk kembali mengaktifkan aplikasi bawaan android tadi.

Demikianlah tips cara menghapus aplikasi bawaan di android tanpa root. Jika smartphone kamu sudah di-root, maka kamu bisa menggunakan aplikasi System app remover atau aplikasi penghapus apk bawaan. Aplikasi ini bisa menghapus aplikasi bawaan smartphone secara permanen. Tetapi kalian harus ingat jika ingin menghapus aplikasi bawaan android yang tidak berguna, maka kalian harus pastikan terlebih dahulu, apakah aplikasi yang akan dihapus tersebut akan berpengaruh pada sistem OS android smartphone kalian atau tidak. Karena ada beberapa aplikasi bawaan android yang tidak boleh dihapus, jika kalian hapus takutnya akan berpengaruh negatif pada smartphone kalian nantinya.

Posting Komentar

0 Komentar