Aplikasi Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Alam

Aplikasi Tanggap Darurat - Beberapa bulan lalu, Indonesia banyak mengalami berbagai macam musibah bencana alam. Mulai dari Selat Sunda, Bali, Jogja, NTB dan Sulawesi Tengah, tidak luput dari pergeseran lapisan bumi maupun terjangan tsunami, sehingga menimbulkan banyak korban jiwa, kehilangan harta benda dan kerusakan pada sarana umum yang vital.

Bencana alam merupakan salah satu musibah yang sulit untuk diprediksi. Meskipun menggunakan teknologi secanggih apapun, bencana alam pasti akan terjadi. Teknologi yang sudah ada saat ini, hanya mampu memberikan informasi sepersekian menit. Memberitahukan kepada masyarakat untuk waspada, agar dapat mengurangi jumlah korban jiwa akibat musibah bencana alam tersebut.

Aplikasi Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Alam

Aplikasi Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Alam
Informasi yang tidak pasti, tidak adanya panduan tanggap bencana dan antisipasi yang kurang terhadap kondisi darurat bisa menyebabkan situasi menjadi lebih buruk. Namun ada yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak dari bencana tersebut, yakni mempersiapkan diri sejak dini dalam menghadapi bencana alam.

Oleh sebab itu dalam menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April. Berikut Teknodroid.net rekomendasikan 4 aplikasi yang dapat memberikan kita saran dan informasi yang terkait dengan penanganan dalam menghadapi bencana alam.

1. inaRISK Personal

inarisk Personal - Aplikasi Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Alam

Aplikasi yang pertama adalah inaRISK Personal, aplikasi resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB). Aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai suatu daerah yang rentan terhadap potensi bencana dari gunung berapi, gempa bumi dan tsunami. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan informasi cara melindungi diri jika terjadi bencana. Disamping itu kita juga bisa melihat resiko gunung meletus serta daerah yang terkena dampak bencana, dengan mencari berdasarkan dari nama gunung berapi.   

2. Magma Indonesia

Magma Indonesia - Aplikasi Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Alam


Aplikasi berikutnya adalah Magma Indonesia, sebuah aplikasi yang menyajikan informasi secara realtime. Aplikasi ini dikembangkan secara mandiri oleh Tim Developer PNS di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi dan Kementerian ESDM. Magma Indonesia dibangun untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia khususnya, dan juga masyarakat internasional pada umumnya. Magma Indonesia adalah sebuah terobosan terbaru yang dikembangkan dalam rangka upaya mitigasi bencana geologi. Mengenai kebencanaan geologi di Indonesia seperti Gunung Berapi, Gerakan Tanah, Gempa Bumi dan Tsunami.

3. First Aid - IFRC

First AID - Aplikasi Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Alam

Apakah kalian tahu, apa yang harus kalian lakukan ketika bencana terjadi? Jika tidak, maka kalian harus segera mencoba aplikasi First Aid - IFRC. Mulai dari informasi pertolongan pertama pada saat kecelakan, pertolongan pertama pada saat gempa bumi terjadi, cara mengatasi luka bakar, hingga membantu orang yang terkena serangan jantung. Aplikasi pertolongan pertama dari IFRC ini dapat memberikan kalian akses yang cepat dan mudah untuk informasi yang perlu kalian ketahui dalam keadaan darurat. Dengan video dan kuis yang interaktif membuat kalian lebih mudah untuk memahami mengenai pertolongan pertama pada keadaan darurat. 

4. Info BMKG

Info BMKG - Aplikasi Tanggap Darurat Menghadapi Bencana Alam

Aplikasi yang terakhir, tidak kalah penting dengan ketiga aplikasi diatas. Aplikasi resmi dari BMKG ini dapat memberikan kalian informasi mengenai peringatan akan perubahan cuaca, ataupun info seputar kondisi cuaca di Indonesia, peta iklim, kualitas udara, cuaca maritim, cuaca bandara dan titik panas. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan notifikasi di ponsel kalian mengenai informasi gempa bumi yang terjadi di Indonesia. Kalian akan mendapatkan informasi terupdate seputar gempa bumi secara realtime jika gempa yang terjadi diatas dari 5 SR.  

Baca Juga:


Itulah dia 4 aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mitigasi bencana alam. Kita tidak bisa menghindari dari musibah bencana alam, tapi kita bisa mengurangi risiko bencana dengan menggunakan aplikasi tersebut diatas. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan informasi yang realtime dan terupdate dari aplikasi diatas. 

Meski kita belum membutuhkan, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi tanggap darurat tersebut. Sebelum situasi yang tidak diinginkan terjadi, mari bersama-sama menjaga keselamatan diri, keluarga dan teman-teman kita.

Post a Comment

0 Comments