Cara Mempercepat Koneksi Wifi Yang Lambat Pada Laptop

Cara Mempercepat Koneksi Wifi- Ketika internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan utama masyarakat modern, maka sangat diperlukan koneksi internet yang stabil dan lancar. Karena internet sendiri banyak digunakan untuk berbagai macam aktifitas sehari-hari. Mulai dari bekerja, belanja, mengerjakan tugas hingga mencari berita yang terupdate dan hangat dibicarakan oleh orang banyak.

Koneksi internet yang stabil dan lancar sudah menjadi hal yang mutlak, untuk mendukung kegiatan manusia sehari-hari. Karena dapat mempermudah dan meringankan pekerjaan masyarakat modern. Hingga sekarang, penggunaan internet sudah mencakup berbagai macam tempat di kota besar maupun di desa. Sehingga tidak heran jika, semua orang sangat membutuhkan koneksi internet untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Dengan perkembangan internet seperti sekarang ini, ada kalanya dimana koneksi intenet dari Wifi tidak dapat bekerja secara optimal. Sehingga koneksi menjadi sangat lamban dan bahkan tidak terkoneksi. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan mengurangi kecepatan dari internet Wifi. Sehingga dapat mengganggu aktifitas dan kegiatan masyarakat yang membutuhkan koneksi internet.

Banyak masalah yang terjadi ketika menggunakan koneksi Wifi, baik dari internal maupun eksternal. Untuk masalah yang datangnya dari internal biasanya bersumber dari Router yang digunakan, apakah rusak atau perlu update. Sedangkan untuk masalah yang datangnya dari eksternal bisa dari pihak penyedia jasa internet, apakah sedang melakukan pemeliharaan sistem atau memang ada kendala teknis lainnya.

Jika masalah yang terjadi bersumber dari pihak penyedia jasa internet, maka pengguna tidak bisa berbuat apa-apa, selain menunggu hingga koneksi internet tersebut kembali normal dengan membuat laporan ke pihak penyedia jasa internet. Untuk kalian yang ingin mendapatkan koneksi internet yang stabil dan ngebut, berikut Teknodroid.net berikan sedikit tips untuk mempercepat internet Wifi pada laptop maupun komputer.

1. Lakukan Network Reset & Flushing DNS

Network reset & flushing DNS - Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Flush DNS adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menghapus atau mereset chace DNS client, pada komputer yang sedang kita gunakan. Sehingga informasi dari DNS sebelumnya, akan terhapus dan disesuaikan dengan data yang baru. Jika kalian berhasil melakukannya, maka masalah koneksi internet yang tidak stabil bisa diselesaikan.

Berikut adalah cara reset network dan Flush DNS:
  • Cari Command Prompt lalu klik kanan pada Command Prompt tersebut dan pilih Run As Administrator.
  • Setelah Command Prompt terbuka, lalu kalian ketikan perintah ipconfig /flushdns dan tekan tombol enter kemudian tunggu beberapa saat.
  • Setelah itu ketik kembali perintah ipconfig /renew dan tekan tombol enter.
  • Tutup jendela Command Prompt, lalu cobalah untuk mengakses internet seperti sedia kala.

2. Pilihlah Tempat atau Lokasi Wifi Dengan Sinyal Yang Kuat

Lokasi Wifi dengan sinyal kuat - Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Pastikan satu hal terpenting untuk mempercepat koneksi Wifi adalah, memastikan bahwa komputer atau laptop yang kalian gunakan dapat menangkap sinyal Wifi dengan optimal. Tidak ada salahnya kalian mengikuti tips dibawah ini.
  • Letakkan Router di tempat yang terbuka, dan tidak terhalang oleh tembok atau benda yang dapat menghalangi sinyal Wifi tersebut.
  • Kalian bisa menggunakan Repeater, untuk menangkap sinyal Wifi dan memancarkannya kembali pada tempat atau lokasi yang minim sinyal Wifi.
  • Jauhkan Router dan komputer dari peralatan-peralatan elektronik yang menggunakan Bluetooth ataupun Microwave. Karena gelombang yang dihasilkan oleh peralatan tersebut, dapat mengganggu sinyal Wifi.

3. Rubah Pengaturan Quality of Service atau QoS

Rubah pengaturan QoS - Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Bagi kalian yang menggunakan sistem operasi windows 8 keatas, secara default sistem akan mengalokasikan sebesar 20% bandwidth untuk kebutuhan windows update dan sejenisnya. Sedangkan sisanya yang sebesar 80% bandwidth, dapat kalian gunakan untuk berinternet seperti biasanya.

Agar kalian bisa menikmati 100% bandwidth yang kalian miliki, maka kalian bisa merubah pengaturan QoS pada Local Group Policy Editor dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tekan tombol Windows + R, untuk membuka jendela Run. Lalu ketikan perintah gpedit.msc.
  • Lalu akan muncul Local Group Policy Editor, pada sebelah kiri layar kalian bisa pilih Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > Network >QoS Packet Scheduller.
  • Lalu pada layar sebelah kanan kalian pilih Limit Reservable Bandwidth.
  • Kemudian klik Enable, dan isikan angka 0 pada kolom bandwidth limit.
  • Klik OK, lalu restart.

4. Mengatur IRPStackSize Menjadi Lebih Tinggi

Mengatur IRPStackSize - Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Cara berikutnya untuk menambah kecepatan Wifi pada laptop maupun komputer adalah, dengan mengatur IRPStackSize -nya menjadi lebih tinggi. Cara ini dapat meningkatkan kecepatan internet menjadi lebih optimal dan stabil.

Secara default, nilai yang terdapat di IRPStackSize hanya 15, tapi dengan sedikit perubahan kalian bisa meningkatkannya hingga 50. Dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tekan tombolWindows + R, untuk membuka jendelaRun. Lalu ketikan perintahregedit, untuk membuka jendelaRegistry Editor.
  • Lalu pada layar sebelah kiri kalian bisa cariHKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters.
  • Kalian bisa lihat isi folder parameter tersebut pada layar sebelah kanan, lalu klik kanan pada file DWORD yang bernama "IRPStackSize", klik modify dan ganti nilainya menjadi 50.
  • Jika kalian tidak menemukan file DWORD IRPStackSize, maka kalian bisa membuat file baru dengan klik kanan lalu pilih new, DWORD Value dan beri nama IRPStackSize dengan valu 50.
  • Klik OK tutup Registry Editor, dan restart komputer untuk merasakan efek dari perubahan nilai dari IRPStackSize tersebut.

5. Periksa Kecepatan Internet dan Kekuatan Sinyal Wifi

Periksa kecepatan dan kekuatan sinyal wifi - Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Jika koneksi internet lambat dan tidak stabil, tapi kalian tidak menemukan masalah apapun pada router yang digunakan. Maka kalian harus mengecek kecepatan dari internet itu sendiri, jika koneksi lemot dan tidak terdapat masalah dengan router nya. Maka besar kemungkinan, masalah yang ditimbulkan berasal dari pihak penyedia jasa internet. Kalian tidak bisa melakukan apa-apa, selain menunggu koneksi kembali normal.

Selain kecepatan internet, kalian juga harus memeriksa seberapa kuat sinyal yang dipancarkan oleh router yang kalian gunakan. Karena sinyal Wifi yang bagus itu berada di kisaran -60 decibel-milliwatts (dBm) hingga lebih -50 dBm atau diatasnya. Sedangkan jika berada di bawah -70 dBm, sinyal yang dipancarkan akan lemah dan koneksi internet yang dihasilkan pun juga tidak stabil.

6. Menggunakan Router Yang Bagus

Menggunakan router bagus - Periksa kecepatan dan kekuatan sinyal wifi - Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Kecepatan internet juga dipengaruhi oleh perangkat router yang digunakan, sinyal Wifi yang lemah bisa menjadi dasar dari koneksi internet yang tidak stabil dan lambat. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mengganti router yang sudah lama dengan yang baru. Dengan menggunakan router yang lebih bagus, sudah pasti akan menggunakan teknologi yang terbaru dan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru.

Baca Juga:

Itulah dia beberapa cara mempercepat koneksi Wifi Indihome yang lambat. Dengan menggunakan koneksi internet yang ngebut, sudah pasti semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien. Selain itu kalian juga bisa meningkatkan produktivitas kalian, jika internet yang kalian gunakan berjalan dengan lancar dan stabil.

Maka dari itu, jika kalian sudah merasa bahwa koneksi internet yang kalian gunakan sudah berasa lambat. Tidak ada salahnya untuk mengikuti tips-tips yang telah dijabarkan diatas oleh Teknodroid.net.

Post a Comment

0 Comments