Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen

Cara Mematikan Auto Update Win 10 - Bagi kalian yang sudah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer, pasti sudah tidak asing dengan Microsoft Windows. Salah satu operating system komputer yang banyak digunakan pada perangkat komputer di seluruh dunia.

Sistem operasi komputer yang berbasis windows ini, cukup banyak penggunanya, mulai dari penggunaan pribadi hingga penggunaan untuk kalangan bisnis dan industri. Banyak perusahaan yang lebih senang menggunakan sistem operasi windows ketimbang linux, meskipun harus menggunakan produk windows yang bajakan atau tidak asli.

Mengapa orang-orang lebih memilih sistem operasi berbasis windows, ketimbang sistem operasi yang lain. Karena windows sendiri lebih mudah dioperasikan dan lebih familiar di kalangan pengguna komputer. Sedangkan sistem operasi berbasis linux hanya digunakan oleh sebagian orang saja, khususnya untuk orang-orang yang bekerja di bidang teknologi informasi.

Cara Mematikan Auto Update Win 10 Permanen

Cara Mematikan Auto Update Pada Windows 10 permanen

Microsoft Windows merupakan salah satu sistem operasi komputer favorit yang banyak digunakan oleh pengguna perangkat PC maupun laptop di seluruh dunia. Operating System ini tidak hanya mudah dalam pengoperasiannya, tetapi juga mudah pula dalam mendapatkan software pendukung untuk sistem operasi ini. Sehingga para pengguna bisa lebih mudah, dalam menggunakan komputer atau laptop yang sudah terpasang OS Windows ini.

Salah satu fitur windows 10 yang cukup membuat jengkel para penggunanya adalah, fitur update windows. Fitur ini sebenarnya guna memudahkan para pengguna untuk mendapatkan update sistem windows secara otomatis. Karena tujuan dari update tersebut adalah untuk menambal kekurangan-kekurangan pada sistem, sebelum disusupi oleh program jahat seperti malware atau trojan.

Namun sayang tidak semua orang suka dengan fitur tersebut, karena fitur auto update pada windows 10 dapat memakan bandwidth yang cukup besar ketika sedang melakukan update atau menghabiskan kuota internet. Oleh sebab itu akan mengganggu koneksi internet yang sedang digunakan, serta akan membuat koneksi internet menjadi sangat lambat.

Cara Mematikan Update Windows 10

1 Cara Mematikan Auto Update Pada Windows 10 permanen

Walaupun fungsi dari fitur windows update tersebut sangat penting untuk keamanan dari sistem operasi itu sendiri. Namun banyak orang yang merasa terganggu, dengan adanya pembaruan yang dilakukan oleh windows update tersebut.

Oleh sebab itu disini, akan dibahas bagaimana cara mematikan windows update pada windows 10 secara permanen. Agar komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis windows ini tidak melakukan update secara otomotis. Adapun langkah-langkah menonaktifkan fitur windows update adalah sebagai berikut :


  • Masuk ke dalam Control Panel, dengan cara ketik Control Panel pada fitur Search.
  • Kemudian kalian pilih menu System and Security lalu pilih Administrative Tools.
2 Cara Mematikan Auto Update Pada Windows 10 permanen
  • Pada Menu Administrative Tools kalian akan melihat daftar tools yang terdapat di halaman ini. Selanjutnya kalian harus mencari dan klik dua kali pada tools yang bertuliskan services.
3 Cara Mematikan Auto Update Pada Windows 10 permanen
  • Setelah kalian masuk ke dalam menu services, lalu kalian harus mencari services yang bertuliskan Windows update. Setelah itu kalian klik dua kali untuk membuka properties servoces tersebut, agar bisa masuk ke dalam Windows Update Properties.
4 Cara Mematikan Auto Update Pada Windows 10 permanen
  • Lalu pada menu properties tersebutlah, kalian bisa mematikan fitur Auto Update Windows pada windows 10.
  • Selanjutnya kalian bisa mengikuti konfigurasi seperti dibawah ini.
5 Cara Mematikan Auto Update Pada Windows 10 permanen

  • Startup Type rubah menjadi Disabled.
  • Services Status pilih Stop.
  • Kemudian klik tombol OK.

Dengan mengikuti cara yang telah disebutkan diatas, maka fitur windows update pada Windows 10 telah kalian nonaktifkan. Dengan kata lain, komputer tersebut tidak akan melakukan update otomatis lagi secara berkala. Tapi dengan menonaktifkan fitur windows update tersebut, maka sistem keamanan pada komputer tersebut tidak bisa bekerja secara optimal sehingga akan rentan untuk disusupi oleh program jahat.

Baca Juga:
Jika kalian ingin kembali mengaktifkan fitur auto update tersebut pada windows, maka kalian bisa mengikuti langkah-langkah diatas. Kemudian ganti semua konfigurasi yang sudah dilakukan sebelumnya, ke konfigurasi defaultnya. Karena komputer akan rentan terkena serangan virus atau program jahat jika kalian jarang melakukan update windows secara manual.

Post a Comment

0 Comments