Pengertian Software Dan Hardware, Beserta Contoh Dan Fungsinya

Pengertian Software dan Hardware - Perkembangan teknologi komputer tak lepas dari komponen dan perangkat dari komputer itu sendiri. Selain perangkat komputer ternyata masih banyak faktor yang mendukung, sehingga teknologi komputer bisa semakin maju pesat seperti sekarang ini. 

Sebut saja software dan hardware, seperti yang kalian ketahui bahwa komputer itu terdiri dari beberapa komponen yang tidak dapat dipisahkan. Karena komponen-komponen tersebut berperan penting dalam kinerja dari suatu perangkat komputer itu sendiri.

Tanpa dukungan dan peran dari kedua komponen tersebut, komputer desktop maupun laptop tidak mungkin bisa berfungsi sebagaimana seharusnya. Karena seperti yang sudah disampaikan diatas, bahwa software dan hardware itu adalah satu kesatuan yang digabungkan oleh sebuah perangkat komputer.

Pengertian Software dan Hardware

Pengertian Software dan Hardware

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai apa yang dimaksud dengan software dan hardware? serta fungsinya yang terdapat pada perangkat komputer. Lebih bagus jika kalian mengetahui terlebih dahulu mengenai, pengertian dan definisi dari software dan hardware tersebut. Karena sebelum membahas mengenai contoh software dan hardware serta fungsinya pada parangkat komputer, kalian sudah jelas mengetahui tentang pengertian software dan contohnya beserta hardware tersebut secara umum.

Jika software dan hardware yang terdapat pada perangkat komputer diibaratkan, maka akan seperti sebuah kendaraan mobil. Dimana software itu seperti bahan bakar, sementara hardware itu adalah mesin yang terdapat pada mobil tersebut, dan komputer merupakan kendaraan dari mobil itu sendiri.

Jika pada kendaraan mobil tersebut tidak memiliki mesin atau bahan bakar, maka mobil tersebut tidak mungkin bisa berjalan dan berfungsi dengan baik. Karena salah satu bagian dari kendaraan tersebut tidak berguna, tanpa adanya komponen pendukung yang lainnya. Kurang lebih akan seperti itu, hubungan antara software dan hardware pada sebuah perangkat komputer.

1. Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Pengertian Software atau perangkat lunak

Software adalah sekumpulan data elektronik yang tersimpan dan diatur di dalam sebuah komputer. Data elektronik yang tersimpan di dalam komputer tersebut, dapat berupa program maupun petunjuk untuk menjalankan suatu perintah. Dengan menggunakan software atau perangkat lunak tersebut, sebuah komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Fungsi dari software itu sendiri adalah sebagai pendukung dari perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer. Agar perangkat keras tersebut bisa bekerja secara optimal maka, diperlukan software untuk memberikan perintah kepada perangkat keras tersebut, agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Pada penggunaan perangkat lunak, ternyata software yang digunakan sebagai penghubung antara hardware dengan user terbagi ke dalam tiga jenis, yakni:

  • Software Sistem Operasi, yaitu sebuah perangkat lunak yang dikembangkang dan berfungsi untuk mengkendalikan serta mengatur dari setiap komponen dan fungsi dari sebuah komputer. Beberapa contoh sistem operasi adalah : Windows, Linux, UNIX dan  Mac OS.
  • Software Bahasa Pemrograman, yaitu perangkat lunak yang berfungsi sebagai pemberi perintah standar yang menghimpun dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk menerjemahkan suatu program aplikasi komputer. Beberapa contoh bahasa pemrograman adalah : Microsoft.net, PHP, Java dan Python.
  • Software Program Aplikasi, yaitu sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi dan fitur tertentu atau aplikasi untuk mengolah data seperti software untuk membuat desain, untuk presentasi dan masih banyak lagi. Beberapa contoh software program aplikasi adalah : Microsoft Office, Corel Draw dan Adobe Photoshop. 

2. Pengertian Hardware (Perangkat Keras)

Pengertian Hardware atau perangkat keras<
Hardware adalah salah satu komponen atau perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer. Perangkat keras memiliki fungsi sebagai media pengolahan data yang dimasukkan oleh operator, yang nantinya data tersebut akan diolah dan diproses menjadi sebuah informasi atau data output.

Dari segi fungsinya hardware terbagi menjadi 4 jenis yakni, masukan (input), mengolah data (process), keluaran (output) dan yang terakhir penyimpanan (storage). Berikut adalah contoh dari keempat jenis hardware yang telah disebutkan diatas, yaitu:   

  • Input Device adalah sebuah perangkat keras atau komponen yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam sebuah komputer. Beberapa contoh input device adalah Keyboard, Mouse, Scanner, Microfon dan Web Cam
  • Process Device adalah sekumpulan perangkat keras yang terdiri dari berbagai macam bentuk dan fungsi untuk mengolah data. Sesuai dengan perintah yang diberikan oleh operator, melalui input device. Contohnya adalah CPU (Central Processing Unit) yang terdiri dari HDD, RAM, Motherboard dan Graphic Card.
  • Output Device adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang dapat menghasilkan dan menampilkan sebuah data hasil dari process device. Contohnya adalah Monitor, Speaker dan Printer.
  • Storage Device adalah sebuah perangakat keras yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan dari hasil output device, ke dalam perangkat penyimpanan sekunder pada sebuah komputer. Contohnya adalah Harddisk, Solid State Drive dan USB Flasdisk.

Baca Juga:

Itulah dia pengertian hardware dan software beserta contohnya, meskipun masih banyak lagi tentang arti dan definisi software dan hardware menurut para ahli. Namun yang telah disebutkan diatas sudah cukup rasanya untuk mewakili rasa ingin tahu kalian mengenai software dan hardware. Dengan kedua komponen seperti software dan hardware, sebuah perangkat komputer seharusnya dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga dapat memudahkan pekerjaan bagi operator yang menggunakannya.

Post a Comment

0 Comments