Pengertian Komputer Secara Umum Beserta Definisinya

' ' ' '
Pengertian Komputer - Pada era teknologi seperti sekarang ini, waktu adalah hal yang sangat penting bagi semua orang. Sehingga membuat orang-orang untuk bekerja secara efektif dan efisien. Salah satu perangkat yang dapat membantu kalian, agar dapat bekerja dengan efektif dan efisien adalah komputer.

Mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa, mereka semua sudah familiar dengan perangkat yang satu ini. Sehingga dapat membantu kalian untuk menyelesaikan pekerjaan maupun tugas sekolah dengan cepat dan tepat waktu.

Komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1941, lebih tepatnya setelah perang dunia ke- 2. Perkembangan komputer dari masa ke masa cukup siginifikan, sehingga menjadi komputer yang telah kita kenal seperti sekarang ini.

Pada masa awal ditemukannya komputer, perangkat ini memiliki bentuk serta bobot yang cukup besar. Ukuran CPU (Central Processing Unit) yang menjadi otak dari komputer tersebut, bisa mencapai ukuran kulkas 2 pintu. Berkat kemajuan dan perkembangan teknologi yang sangat pesat, komputer yang tadinya memiliki bobot yang cukup besar, kini bisa dalam bentuk sebuah USB.

Meskipun sekarang sudah ada komputer mini yang portable, tetapi fungsi dan kinerjanya tidak kalah dengan komputer pada umumnya. Salah satu kelebihan dari komputer portable ini adalah dapat digunakan dimana saja, karena bentuknya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Definisi Dan Pengertian Komputer Secara Umum

Pengertian Komputer Secara Umum

Komputer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menginput data, lalu mengolahnya dan menjadikan sebuah output yang bernilai. Pada awalnya komputer didefinisikan sebagai alat bantu hitung, yang dapat mempermudah pekerjaan manusia.

Apa itu komputer, secara garis besar adalah, sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen pendukung. Sehingga komputer dapat digunakan untuk mengolah data input, dan dapat menghasilkan data output yang diproses berdasarkan suatu perintah tertentu.

Seorang ahli bernama Robert H. Blissmer, dalam bukunya yang berjudul "Instructor's Manual to Accompany Computer Annual". Menerangkan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
  • Menerima input atau data masukan
  • Memproses data yang telah diinput sesuai dengan perintah yang diberikan
  • Menyimpan hasil olahan data yang sebelumnya telah diinput
  • Menghasilkan output data berupa informasi, baik itu dalam bentuk softcopy atau hardcopy.

Manfaat Dan Fungsi Komputer

Manfaat Dan Fungsi Dari Komputer

Seperti yang telah disebutkan diatas, pada era teknologi seperti sekarang ini, dimana semua orang bekerja secara efektif dan efisien. Sehingga peran komputer sangatlah penting dalam membantu dan menunjang pekerjaan yang efektif dan efisien tersebut. Karena dengan menggunakan perangkat komputer, maka pekerjaan yang tadinya sulit dan cukup memakan waktu, kini dengan menggunakan komputer kalian bisa lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu untuk pekerjaan yang belum terkomputerisasi, akan membutuhkan banyak resource seperti media penyimpanan dan media kertas. Sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama jika tidak menggunakan komputer. Secara keseluruhan dengan teknologi komputer yang sudah ada seperti sekarang ini, dapat membantu untuk memudahkan dan meringakan pekerjaan manusia. Sehingga pekerjaan bisa dengan cepat diselesaikan, serta dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Baca Juga:

Itulah pengertian komputer dan manfaat serta fungsi komputer secara umum. Selain sebagai alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan, ternyata komputer juga bisa digunakan sebagai media untuk bermain game. Sebenarnya pengertian dan definisi komputer itu sangatlah luas, kalian pun juga bisa mendefinisikan komputer menurut versi kalian sendiri.

Semoga dengan penjelasan tentang arti komputer beserta definisinya, yang sudah Teknodroid.NET jelaskan, dapat memberikan wawasan lebih bagi kamu semua. Sehingga kamu dapat lebih memahami tentang pengertian komputer secara umum, fungsi komputer, serta definisi komputer menurut para ahli.

Posting Komentar

0 Komentar