Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

' ' ' '

Browser Paling Ringan - Bagi pengguna laptop dan PC pasti sudah tidak asing dengan aplikasi browser atau peramban. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk berselancar di dunia maya. Belakangan ini aktivitas berselancar tidak hanya melulu menggunakan laptop dan PC, tetapi kita juga bisa menggunakan smartphone untuk mencari data dan informasi di internet.

Agar pengalaman berselancar kalian menjadi lebih nyaman, maka dibutuhkan bantuan browser yang mumpuni. Oleh sebab itu kalian bisa mencoba browser paling ringan untuk laptop dan PC, supaya pengalaman berselancar kalian menjadi lebih maksimal dan nyaman.

Tetapi kalian harus ingat bahwa, banyak browser di laptop atau peramban yang sering digunakan oleh pengguna laptop dan PC yang banyak menghabiskan RAM ketika sedang digunakan. Oleh sebab itu, kalian bisa menggunakan browser ringan untuk pc ram 512 yang cepat agar tidak membebani kinerja laptop atau perangkat yang sedang kalian gunakan ketika sedang berselancar di internet.

Browser Ringan Untuk PC Dan Laptop Buat Berselancar

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Dalam hal ini, dapat menyebabkan laptop atau PC yang sedang kalian gunakan akan menjadi lemot ketika sedang melakukan pencarian. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ada tiga hal yang dapat kita lakukan, yaitu: beli laptop/PC baru dengan spek yang lebih tinggi, upgrade perangkat keras laptop/PC yang kalian gunakan atau kalian bisa mengganti browser yang sering kalian gunakan dengan browser ringan yang lebih hemat dalam penggunaan RAM.

Mungkin dari ketiga opsi diatas, kalian bisa menggunakan opsi yang terakhir, sehingga kalian tidak perlu buru-buru untuk mengganti atau upgrade laptop/PC kalian. Karena saat ini banyak terdapat pilihan browser PC paling ringan yang bisa digunakan pada laptop dan PC kalian. Justru dengan spesifikasi yang dimiliki oleh browser tersebut maka kualitasnya pun tidak kalah cepat dan teruji sangat menghemat memory laptop/PC yang hanya memiliki RAM 2 GB saja. Berikut adalah browser yang cepat dan ringan untuk kalian gunakan di laptop atau PC kalian.

1. Vivaldi

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Meskipun Vivaldi termasuk salah satu browser yang masih seumur jagung, akan tetapi browser tersebut langsung meraih popularitas dikalangan pengguna internet karena kinerjanya yang bisa di andalkan. Vivaldi juga memakai mesin yang sama dengan Google Chrome, tetapi dengan ukuran yang jauh lebih ringan. Sehingga beban kinerja RAM komputer menjadi tidak terlalu berat, ketika menggunakan browser ini.

2. Comodo IceDragon

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Browser ringan dan cepat dari Comodo Group ini dikembangkan oleh perusahaan siber terkemuka di dunia. Comodo IceDragon merupakan browser Web Open Source berbasis Firefox, sehingga browser ini memiliki fitur yang menyerupai Mozilla Firefox. Tidak cuma itu dukungan keamanan yang kuat untuk terus melindungi informasi dan riwayat pencarian penggunanya untuk tetap aman di dunia maya.

3. Midori

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Peramban Midori cocok untuk menjadi alternatif, jika kalian para pengguna internet hanya melakukan selancar untuk keperluan yang mendasar. Midori merupakan browser open source yang memberikan bermacam fitur pilihan yang lumayan mumpuni. Tidak hanya dapat menghemat RAM komputer, Midori juga diketahui sebagai browser yang ringan dan cepat serta dapat menghemat penggunaan baterai laptop.

4. Torch

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Torch browser adalah penyelesaian terbaik, bila kalian berselancar di internet buat menikmati multimedia yang terdapat di dalamnya. Browser yang bisa diunduh secara gratis ini mempunyai banyak fitur yang bisa diatur sendiri, sehingga membuat pengguna lebih gampang dalam memainkan serta mengelola fitur multimedia yang terdapat di dalamnya. Salah satu fiturnya yaitu, Torch Music yang merupakan layanan berbasis Youtube. Dengan memakai fitur ini, kalian dapat mengakses seluruh musik serta video pada satu tempat.

5. Maxthon Cloud Browser

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Browser yang tidak cuma ringan sebab bisa dioperasikan pada sistem dengan RAM 512 MB, Selain itu browser ini juga menawarkan beragam fitur kepada penggunanya. Kalian dapat menggunakan fitur screen capture, mode malam, mode pembaca, pemblokir iklan, notepad, RSS feed serta masih banyak yang lainnya. Tidak hanya itu ada pula Magic Fill yang merupakan fitur pengelolaan kata sandi. Berbeda dari browser yang lainnya, Maxthon bisa melayani sinkronisasi data penggunanya melalui layanan cloud khusus milik Maxthon yakni Passport.

6. Falkon

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Browser paling ringan untuk pc yang berikutnya adalah Falkon. Browser dengan basis QtWebEngine ini termasuk salah satu web browser KDE (Kool Desktop Environment) yang sebelumnya dikenal dengan nama QupZilla. Browser ini memberikan perhatian khusus pada performa kecepatannya untuk memberikan kinerja yang terbaik dan pengalaman yang berbeda ketika sedang digunakan. Selain itu browser ini juga menyematkan plugin AdBlock bawaan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna terhadap iklan yang terdapat disebuah situs ketika sedang berselancar didunia maya.

7. Brave

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Jika kalian sangat sensitif dengan hal pribadi atau privasi ketika sedang berselancar, maka Brave adalah browser yang cocok untuk kalian gunakan. Brave merupakan web browser opensource yang berbasis Chromium. Dikembangkan oleh Brave Software Inc sejak tahun 2016 hingga per Desember 2021 Brave telah memiliki pengguna aktif sebesar 55,5 juta di seluruh dunia. Brave adalah browser yang menawarkan privasi online terbaik dengan kelebihan tiga kali lebih cepat dari Chrome dan memiliki perlindungan yang lebih baik dari Google maupun Big Tech.

8. Pale Moon 

Browser Paling Ringan Untuk Laptop Dan PC Buat Berselancar

Web browser berikutnya adalah Pale Moon, browser ringan untuk pc ini menggunakan mesin rendering Goanna yang berbasis pada Mozilla Firefox UXP. Sehingga browser ini memiliki cara kerja yang kurang lebih sama seperti SeaMonkey dan Mozilla Firefox. Karena berfokus pada efisiensi dan kustomisasi, maka beberapa fitur yang terdapat di Firefox dicopot seperti PDF Reader, DRM, WebRTC, parental control dan tab Group yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja dari Pale Moon tersebut.

Baca Juga :
Berselancar dengan aman dan nyaman merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh pengguna internet. Oleh sebab itu selain menggunakan browser untuk laptop yang ringan, menggunakan browser yang aman juga sangat diperlukan ketika berselancar di dunia maya.

Itulah beberapa browser PC ringan yang bisa menjadi alternatif kalian, jika komputer yang kalian gunakan memiliki spek yang rendah. Karena dari beberapa browser yang disebutkan diatas bisa menghemat penggunaan RAM, sehingga tidak membebani kinerja dari komputer kalian.

Posting Komentar

0 Komentar