Cara Mengunci Jaringan 4G LTE atau 3G Only

' ' ' '
Cara Mengunci Jaringan 4G - Dengan kemajuan teknologi smartphone seperti sekarang ini, tidak heran jika kita bisa melakukan apa saja dengan sebuah smartphone. Tidak hanya sekedar menelepon atau mengirim pesan, kini kita sudah bisa menonton video dan membaca berita terupdate, bahkan bermain game mobile favorit kita dengan sebuah smartphone.

Namun semua itu hanya bisa dilakukan jika, smartphone yang kita gunakan terhubung ke jaringan internet. Tapi kadang jaringan internet pada smartphone yang kita gunakan tidak stabil di beberapa tempat. Bahkan pada saat-saat tertentu jaringan internet bisa sangat bagus atau malah mati total.

Jaringan internet sendiri terbagi menjadi beberapa macam, namun umumnya di Indonesia yang paling sering kita temukan adalah 2G GSM, 3G HSDPA/H+ dan 4G LTE. Jika kalian perhatikan tipe jaringan internet pada smartphone kalian, maka kalian akan lebih sering mendapatkan sinyal 3G atau 4G pada layar ponsel kalian. 

Namun kadang kedua jaringan tersebut tidak dapat diterima oleh sinyal smartphone kita. Melainkan jaringan 2G yang dapat diterima oleh smartphone kita di beberapa tempat dan waktu-waktu tertentu. Seperti yang kalian ketahui bahwa, jaringan 2G itu sangat lambat untuk melakukan aktifitas berselancar di dunia maya. Sehingga kegiatan kita saat browsing atau internetan di smartphone android jadi cukup terganggu.

Oleh sebab itu, kali ini kita akan menginformasikan cara memunculkan jaringan 4G atau merubah jaringan internet 3G ke 4G LTE only atau sebaliknya pada smartphone android. Agar kegiatan berselancar di dunia maya kalian tidak terganggu.

Cara Lock Jaringan Dari Ke 3G Dan 4G

Cara Lock Jaringan 4G LTE

Hal utama yang harus kalian ketahui sebelum mengunci jaringan internet 3G dan 4G adalah, kalian harus memastikan bahwa ponsel android yang kalian gunakan sudah mendukung kode jaringan 4G atau belum. Karena jika smartphone kalian belum mendukung 4G, maka percuma saja kita lock jaringan internet ke 4G.

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa jaringan internet di Indonesia itu terbagi menjadi tiga. Dari ketiga jaringan internet tersebut, masing-masing memiliki tingkat kecepatan dan kualitas yang berbeda antara satu sama lain. 

Jika diurutkan, jaringan internet 2G adalah jaringan internet yang paling lambat, lalu 3G dan yang paling cepat saat ini adalah 4G. Namun salah satu kelemahan dari jaringan 4G LTE ini adalah, belum semua wilayah di Indonesia tercover oleh layanan jaringan internet cepat tersebut.

Cara Mengunci Jaringan Internet Ke 3G dan 4G

Cara Lock Jaringan 4G LTE

Kalian bisa mengikuti langkah-langkah dan cara agar jaringan 4G full, serta untuk mengubah jaringan internet dari 3G dan 4G only. Kalian bisa lihat pada penjelasan dibawah ini.

  1. Kalian bisa masuk ke dial pad di smartphone kalian lalu ketikan kode *#*#4636#*#* dan panggil.
  2. Setelah itu akan muncul menu testing, yang terdapat 3 pilihan yakni Device Information, Usage Statistic dan Wi-Fi Information. lalu pilih opsi Device Information.
  3. Setelah kalian pilih Device Information, lalu kalian akan masuk ke dalam menu Handheld Mobile Device Info.
  4. Langkah berikutnya adalah kalian bisa memilih Set Preferred Network Type,  pilih sesuai dengan apa yang kalian inginkan.
  5. Jika kalian ingin mengunci hanya 3G only, maka kalian harus memilih WCDMA Only. Sedangkan jika kalian ingin merubah ke 4G only, maka kalian harus memilih LTE Only.
  6. Setelah kalian rubah sesuai yang kalian inginkan, maka kalian harus keluar dari menu Handheld Mobile Device Info. 
  7. Setelah itu kalian bisa perhatikan jenis jaringan yang diterima oleh smartphone kalian, apakah sudah berubah menjadi 3G ataupun 4G.
Cara Mengunci Jaringan 4G LTE

Itulah dia tips cara setting 4G only atapun 3G only pada smartphone . Dengan begitu kalian bisa melanjutkan aktifitas berselancar di dunia maya, atau berinternet ria tanpa harus terganggu dengan sinyal yang jelek.

Baca juga:


Jika kalian senang bermain game mobile di smartphone maka pilihlah jaringan internet 4G LTE only, agar tidak ada yang mengganggu kalian dengan telepon ataupun sms ketika sedang bermain game. Sehingga kalian bisa lebih fokus dalam bermain game mobile favorit kalian.

Posting Komentar

0 Komentar