Keren! Google Assistant Kini Bisa Baca Pesan di Aplikasi Pihak Ketiga

google assistant kini bisa baca pesan dari whatsapp
Google Assistant - Beberapa waktu lalu Aplikasi Google Assistant mendapatkan pembaruan untuk layanan pesan instant. Kini pengguna perangkat android bisa berinteraksi dengan berbagai aplikasi pesan instant pihak ketiga, melalui perintah suara asisten virtual Google. Karena fungsi yang tadinya hanya berlaku untuk membaca pesan dari SMS dan Hangouts, sekarang fungsi tersebut di kembangkan kemampuannya untuk bisa membaca pesan dari aplikasi pihak ketiga.

Dengan fungsi yang telah diperluas ke layanan pesan instant pihak ketiga. Maka aplikasi Google Assistant dapat membaca semua pesan yang terdapat di smartphone android. Untuk aplikasi pesan pihak ketiga yang sudah didukung oleh Google Assistant Indonesia diantaranya adalah Facebook Messenger, WhatsApp, Telegram, Slack, Discord, GroupMe dan sejenisnya.

Fitur yang sudah berjalan beberapa hari ini, tidak hanya dapat membacakan pesan teks, melainkan memungkinkan penggunanya untuk membalasnya dengan perintah suara melalui Google Assistant bahasa Indonesia.

Kini Google Assistant Dapat Membaca Pesan di WhatsApp

google assistant kini bisa baca pesan dari whatsapp

Untuk kalian yang ingin menggunakan fitur tersebut, kalian harus tahu tentang cara setting Google Assistant bahasa Indonesia serta memberikan izin kepada perangkat smartphone kalian untuk memberikan akses notifikasi pada aplikasi Google Assistant, agar fitur baca pesan tersebut dapat berfungsi.

Setelah itu kalian bisa memberikan perintah suara dengan mengucapkan "bacakan pesan saya" ke Google Assistant. Kemudian aplikasi tersebut akan memunculkan sebuah kartu dengan pesan terakhir yang diterima. Lalu akan dibaca pesan tersebut dengan suara keras, termasuk dari aplikasi mana pesan tersebut berasal dan juga nama pengirimnya.

Kemudian, kalian akan diberikan pilihan untuk mengetik sendiri atau menentukan sebuah pesan balasan yang sudah disiapkan oleh asisten google tersebut. Setelah kalian selesai, maka jawaban dari balasan pesan tersebut akan langsung segera dikirim. Untuk pesan aslinya akan ditandai sebagai "pesan sudah dibaca".

Sebelum kalian menggunakan fitur ini pada Google Assistant, ada baiknya kalian harus memperhatikan hal-hal berikut ini. Untuk pesan yang berisi gambar, audio dan video, Google Assistant tidak akan bisa membaca pesan tersebut. Tetapi aplikasi asisten tersebut akan memberitahukan bahwa "pesan itu hanya berisi lampiran audio".

Sebenarnya fitur tersebut sangat bermanfaat untuk para pengguna smartphone yang memiliki daya penglihatan yang kurang baik. Namun fitur membaca pesan dari aplikasi asisten google tersebut, masih belum dirilis secara resmi tetapi masih dalam tahapan pengujian.

Baca Juga:

Meskipun fitur tersebut masih terbatas dalam tahapan pengujian, namun dalam proses pengujian yang dilakukan oleh sejumlah orang dengan berbagai aplikasi pesan instant pihak ketiga, fitur tersebut berjalan cukup baik. Meskipun masih terbatas dalam menangani beberapa bahasa.

Nah,semoga saja kedepannya Google bisa merilis fitur tersebut dengan cepat. Karena manfaat dari fungsi Google Assistant tersebut sangat berguna sekali, khususnya bagi pengguna smartphone yang memiliki daya penglihatan yang kurang baik.

Post a Comment

0 Comments