Cara Gabung File PDF Secara Online

' ' ' '

Gabung File PDF - Portable Document Format atau yang biasa disebut dengan PDF adalah jenis file dalam sebuah format yang dikembangkan oleh Adobe Systems, untuk keperluan pengiriman dan penyimpanan dokumen secara digital. Format PDF sendiri akan menampilkan file dua dimensi yang mencakup teks, gambar, ataupun grafik vektor dua dimensi. Namun sayang, tidak seperti dokumen word yang bisa diubah dengan mudah, dokumen PDF hanya bisa di edit dan gabung PDF dengan menggunakan software khusus, termasuk untuk memperkecil dan menggabungkannya menjadi satu dokumen.

PDF merupakan format file yang sangat umum digunakan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Berbagai jenis buku digital dan dokumen digital pun sudah menggunakan format ini. Bahkan berbagai dokumen resmi juga kini sudah mulai beralih dari format Doc ke format PDF. Dokumen dalam bentuk file PDF menjadi salah satu jenis file yang mudah untuk dibaca dan disimpan. Namun banyak orang yang bingung dan kesulitan ketika ingin gabung dan edit PDF menjadi satu dokumen file.

Cara Gabung Beberapa File PDF Jadi Satu

Cara Gabung File PDF Secara Online

Cara gabung file PDF ternyata bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik menggunakan aplikasi untuk gabung PDF ataupun tanpa aplikasi, secara online maupun offline. Selain mudah disimpan dan dibagikan ke orang lain, format PDF ini juga sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk keperluan sekolah ataupun bekerja. Selain itu, tidak sedikit pula orang yang perlu menggabungkan beberapa file PDF, menjadi ke dalam satu dokumen. Tujuan dari penggabungan file ini tentu saja untuk memudahkan penyimpanan, pengiriman dan pengecekan berkas. Berikut adalah cara gabung file PDF online.

1. ILovePDF

Cara Gabung File PDF Secara Online

ILovePDF merupakan sebuah situs yang dapat gabung file jadi PDF secara online dengan mudah dan cepat. Untuk menggabungkan file PDF dengan menggunakan layanan dari ILovePDF, kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Buka terlebih dahulu situs ILovePDF pada browser yang kalian gunakan.
  • Pilih opsi merger PDF yang terdapat pada bagian kiri atas.
  • Selanjutnya, kalian klik select PDF files atau seret file pdf yang akan kalian gabungkan pada halaman situs tersebut.
  • Urutkan file pdf yang akan kalian gabungkan sesuai dengan urutan yang di kehendaki.
  • Pilih opsi Merger file kemudian tunggu hingga proses penggabungan selesai.
  • File yang telah selesai digabungkan, akan secara otomatis terunduh dan tersimpan pada perangkat yang kalian gunakan.


2. Smallpdf

Cara Gabung File PDF Secara Online

Smallpdf merupakan salah satu situs yang bisa digunakan untuk menggabungkan file PDF secara online. Situs ini memberikan layanan kompres dan menggabungkan file PDF dengan cepat dan aman. Berikut adalah cara gabung file PDF jadi satu dengan menggunakan situs Smallpdf:
  • Buka terlebih dahulu situs Smallpdf.
  • Selanjutnya kalian bisa memilih tools Merge PDF
  • Lalu pada opsi choose file kalian bisa memilih file atau dokumen yang ingin digabungkan atau dengan menyeret file PDF pada bagian tersebut.
  • Tunggu terlebih dahulu sampai proses mengunggah selesai, kemudian kalian bisa langsung memilih opsi merger PDF yang terletak di bagian kanan bawah.
  • Tunggu hingga proses penggabungan selesai.
  • Jika sudah selesai, kalian bisa langsung mengunduh file PDF tersebut atau menyimpannya di penyimpanan cloud.


3. PDF Joiner

Cara Gabung File PDF Secara Online

Situs berikutnya yang dapat digunakan untuk menggabungkan file PDF yaitu PDF Joiner. tampilan dari situs ini sangatlah sederhana dan hanya bisa digunakan untuk menggabungkan file PDF saja. Namun kelebihan dari PDF Joiner ini dapat menggabungkan file PDF hingga 20 file dan bisa dikombinasikan dengan gambar. Untuk menggunakan situs ini pun sangat mudah, berikut cara gabung PDF jadi satu di PDF Joiner:
  • Langkah pertama, kalian buka situs pdfjoiner terlebih dahulu di browser kalian.
  • Lalu, unggah file yang akan digabungkan atau seret file ke dalam kotak yang sudah disediakan.
  • Terakhir, klik Gabungkan File dan file PDF secara otomatis akan tergabung menjadi satu dokumen.


4. Combine PDF

Cara Gabung File PDF Secara Online

Pilihan lain jika kalian ingin menggabungkan PDF secara online adalah melalui situs Combine PDF. Dari segi penampilan situs ini tidak jauh berbeda dengan PDF Joiner . Kelebihan yang cukup menonjol dari Combine PDF adalah, kalian tidak perlu memasang aplikasi gabung file PDF ketika ingin menggabungkan file PDF ke dalam satu dokumen file. Berikut adalah cara gabung beberapa PDF jadi satu di Combine PDF:
  • Buka browser lalu masuk ke situs combine PDF.
  • Setelah halaman utama terbuka kalian bisa klikUnggah Filedan pilih file yang akan dijadikan satu.
  • Setelah semua file yang ingin digabungkan selesai diunggah, lalu kalian bisa klik Gabungkandan tunggu proses penggabungan selesai.
  • Setelah proses penggabungan selesai kalian bisa langsung mendownload file tersebut.


5. Soda PDF Online

Cara Gabung File PDF Secara Online

Masih sama seperti cara di atas, cara gabungkan file yang berikut ini juga melalui website. Situs yang digunakan adalah Sodapdf.com. Beberapa situs yang digunakan untuk menggabungkan file PDF juga bisa digunakan untuk compress file PDF begitu pula dengan Soda PDF. Berikut adalah cara gabung dokumen PDF di Soda PDF Online.

  • Kunjungi situs sodapdf.com terlebih dahulu.
  • Lalu pilih Online Toolsdan pilih Merge PDF
  • Lalu klik Choose File, unggah beberapa file yang ingin digabungkan.
  • Tunggu hingga proses unggah selesai.
  • Klik Add Files apabila masih ada file yang ingin ditambahkan.
  • Setelah semua file terunggah, lalu klik Merge Files.
  • Tunggu hingga proses penggabungan selesai.
  • Terakhir, silakan kalian unduh file tersebut dengan klik Download File atau kalian bisa menyimpannya di penyimpanan cloud.

Cara gabung beberapa file PDF jadi satu, cukup mudah dan tidak membutuhkan effort yang berlebih. Sehingga kalian bisa menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain. Banyak cara dan tools yang bisa kalian manfaatkan dan gunakan untuk menggabungkan file PDF menjadi satu kesatuan dokumen yang utuh, salah satu dengan cara yang telah disebutkan diatas.

Baca Juga:

Dari kelima situs yang telah disebutkan diatas, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi semua situs tersebut sangat efektif untuk membantu kalian dalam gabung semua file ke PDF dan menjadi satu dokumen yang utuh. Satu hal yang harus di ingat, ketika kalian menggunakan layanan penggabungan file PDF secara online, kalian harus memastikan bahwa internet di tempat kalian stabil, agar proses penggabungannya berjalan dengan sempurna. Itulah cara gabung file PDF secara online yang cukup mudah, cepat dan tentunya gratis.

Posting Komentar

0 Komentar