Program Aplikasi untuk Presentasi yang sering Digunakan

' ' ' '

Aplikasi untuk Presentasi - Kemajuan teknologi membuat kita menjadi lebih mudah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Salah satunya adalah membuat presentasi atau slideshow yang berisi tulisan, gambar maupun video, yang akan kita presentasikan ke penonton. Presentasi harus disampaikan dengan baik dan benar, agar maksud yang ingin kita sampaikan melalui slideshow tersebut, dapat dengan mudah dipahami dan menarik perhatian, sehingga penonton antusias dan mendengarkan hingga akhir presentasi.

Bahan presentasi yang akan dipaparkan haruslah dibuat semenarik mungkin dan interaktif, sehingga para penonton tidak cepat merasa bosan. Presentasi yang interaktif dan memanjakan mata, akan membuat para penonton lebih fokus melihat slideshow yang kita paparkan. Memberikan visual yang menarik, tentunya membutuhkan usaha yang lebih. Oleh sebab itu kalian bisa menggunakan aplikasi untuk membuat slide presentasi yang menjadikan presentasi kalian lebih interaktif dan tidak membosankan.

Program Software yang Digunakan untuk Membuat Presentasi

Aplikasi untuk Presentasi

Untungnya banyak terdapat program aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi. Salah satunya aplikasi Microsoft Office yang digunakan untuk membuat presentasi adalah Microsoft PowerPoint. PowerPoint sendiri merupakan sebuah software bawan office yang digunakan untuk presentasi. Sebagian besar orang sudah familiar dengan aplikasi terbaik untuk presentasi ini. Selain PowerPoint, aplikasi untuk membuat slide presentasi adalah sebagai berikut.

1. Prezi

Aplikasi untuk Presentasi - Prezi

Prezi adalah aplikasi untuk presentasi online yang memungkinkan kalian membuat slideshow yang terlihat profesional menggunakan komputer atau perangkat tablet. Kalian dapat mengunggah gambar dari internet atau menggunakan tema yang sudah dibuat sebelumnya yang disertakan dengan paket perangkat lunak tersebut. Kalian juga dapat menambahkan kotak teks ke tayangan slide, serta narasi audio jika diinginkan. Perangkat lunak presentasi ini memungkinkan kalian untuk membuat slide presentasi yang menarik dan lebih interaktif. Prezi telah digunakan oleh banyak perusahaan, termasuk Apple dan Google, untuk membuat presentasi bagi karyawan mereka.

2. Keynote

Aplikasi untuk Presentasi - Keynote

Berikutnya program yang digunakan untuk membuat presentasi adalah Keynote software yang sangat bagus bagi siapa saja yang ingin membuat presentasi tetapi tidak ingin berurusan dengan perangkat lunak yang rumit seperti PowerPoint ataupun Google Slides. Cukup mudah bagi siapa saja yang memiliki keterampilan komputer dasar. Keynote adalah aplikasi presentasi untuk macOS dan iOS yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit presentasi, mempresentasikannya dari iPhone atau iPad, dan membagikan pekerjaan kalian melalui iCloud.

Keynote tidak hanya memungkinkan kalian untuk memformat teks pada slide dengan mudah tetapi kalian juga bisa menyeret blok teks ke dalam baris yang terpisah, dan memungkinkan kalian untuk menambahkan gambar langsung ke dalam slide. Itu berarti tidak ada lagi beberapa salinan gambar yang sama dan mengambang di setiap slide yang berbeda. Kalian akan selalu memiliki satu tampilan yang konsisten di semua slide.

3. Emaze

Aplikasi untuk Presentasi - Emaze

Emaze adalah program yang digunakan untuk presentasi dan memungkinkan kalian membuat dan berbagi presentasi yang terlihat profesional dalam hitungan menit. Emaze berguna bagi siapa saja yang perlu mempresentasikan informasi atau ide, baik di tempat kerja atau sekolah, di ruang kelas, atau di atas panggung.

Dengan Emaze, kalian dapat menggunakan video, gambar, dan teks untuk membuat presentasi menjadi lebih interaktif dan mudah diedit nantinya jika diperlukan. Selain itu presentasi yang dibuat menggunakan Emaze, juga bekerja secara mulus dengan PowerPoint, sehingga kalian tidak perlu merasa khawatir jika perangkat yang digunakan tidak terpasang Emaze.

4. Microsoft Office PowerPoint

Aplikasi untuk Presentasi - PowerPoint

Salah satu software presentasi yang banyak digunakan saat ini adalah PowerPoint, program perangkat lunak presentasi yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit presentasi. Software Ini merupakan pilihan paling umum untuk berbagi file presentasi secara online ataupun offline.

Ada dua cara untuk menggunakan PowerPoint, kalian dapat menggunakannya sendiri atau sebagai bagian dari Microsoft Office yang mencakup Word, Excel dan Outlook. Jika kalian hanya memiliki akses ke satu komputer di rumah atau di kantor, maka sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir tentang menginstal ketiga program tersebut pada perangkat kalian, namun jika hal ini tidak memungkinkan, maka kalian bisa memulainya dengan hanya PowerPoint.

Baca juga:

PowerPoint adalah perangkat lunak presentasi yang paling banyak digunakan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menunjukan presentasi kalian, serta alat yang sangat bagus untuk membuat slideshow dan jenis presentasi lainnya.

Keynote adalah alat yang hebat bagi pengguna Mac yang menginginkan sesuatu yang dapat melakukan semua hal yang dapat dilakukan oleh PowerPoint, tetapi dengan lebih banyak fleksibilitas dan opsi dalam hal desain dan tata letak. Prezi adalah pilihan lain jika kalian mencari sesuatu yang lebih sederhana daripada Keynote ataupun PowerPoint.

PowerPoint, Prezi, Keynote dan Emaze adalah aplikasi populer yang dapat digunakan untuk presentasi. Masing-masing menawarkan fitur dan fungsi yang berbeda untuk membantu kalian membuat slideshow presentasi secara profesional dan interaktif. Itulah beberapa aplikasi untuk membuat presentasi, pilihan jatuh di tangan kalian, untuk membuat presentasi menjadi lebih interaktif dan tidak membosankan atau membuat presentasi yang membuat para penonton cepat pergi.

Posting Komentar

0 Komentar