Aplikasi Cek Saldo Uang Elektronik Di Smartphone Android

Cek Saldo Uang Elektronik - Penggunaan uang elektronik sudah mulai diberlakukan di Indonesia sejak tahun 2007. Dengan peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009, maka metode pembayaran dengan menggunakan uang elektronik pun mulai diterapkan oleh semua bank di Indonesia, baik itu bank pemerintahan maupun bank swasta.

Dengan metode pembayaran yang praktis tersebut, maka dapat memudahkan para penggunanya untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan praktis. Banyak tempat dan fasilitas atau transportasi umum yang sudah menerapkan metode pembayaran dengan menggunakan uang elektronik tersebut. Salah satunya adalah Commuter Line, Bus Transjakarta, Tempat parkir di sejumlah gedung. Bahkan semua pintu tol di seluruh Indonesia, sudah mewajibkan penggunanya untuk menggunakan uang elektronik dalam melakukan proses transaksinya.

Cek Saldo Uang Elektronik Menggunakan Smartphone


Salah satu kekurangan dari penggunaan uang elektronik ini adalah, kalian tidak bisa mengetahui sisa saldo yang terdapat di uang elektronik tersebut tanpa mesin EDC atau ATM. Namun kini dengan kecanggihan teknologi smartphone yang ada saat ini, kalian sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari dan mengecek sisa saldo di ATM atau minimarket. Karena dengan menggunakan fitur NFC (Near-Field Communication) yang terdapat di beberapa smartphone terbaru, maka kalian bisa cek saldo uang elektronik di manapun dan kapanpun.

Selain membutuhkan smartphone yang memiliki fitur NFC, kalian juga harus memasang aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui dan mengecek sisa saldo di uang elektronik atau E-money yang kalian miliki. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu kalian untuk mengetahui sisa saldo di kartu E-money tersebut.

1. eSaldo Info


Untuk kalian yang memiliki banyak kartu uang elektronik, tidak perlu lagi bingung cara cek saldo e-toll lewat hp. Karena dengan aplikasi eSaldo Info, kalian bisa mengecek hampir semua uang kartu elektronik yang beredar di Indonesia. Selain bisa mengetahui sisa saldo uang elektronik, kalian juga bisa mendapatkan informasi mengenai tanggal penggunaan kartu, serta jumlah uang yang sudah dipakai. Untuk saat ini aplikasi eSaldo Info bisa digunakan untuk mengecek sisa saldo di kartu Mandiri e-money dan e-toll, kartu BNI TapCash, kartu BCA Flazz, kartu BRI Brizzi, kartu Jak Lingko, kartu Mega Cash, kartu Multi Trip Commuter Line serta kartu member Indomart.

2. Electronic Money Card Balance


Aplikasi berikutnya adalah Electronic Money Card Balance apk, sebuah aplikasi yang dapat membantu kalian untuk mengetahui sisa saldo dari kartu uang elektronik yang kalian gunakan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kalian sudah tidak perlu lagi menggunakan mesin EDC atau ATM, untuk sekedar mengetahui sisa saldo dari kartu uang elektronik yang kalian miliki. Dengan satu aplikasi ini, kalian bisa mengecek saldo dari semua kartu uang elektronik yang sudah digunakan di Indonesia.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna jalan tol, dapat dengan dengan mudah untuk melakukan pengecekan kartu uang elektronik mereka sebelum memasuki jalan tol. Jika sisa saldo tidak mencukupi maka kalian bisa mengisi ulang melalui aplikasi toko online, minimarket atau atm terdekat sebelum memasuki tol.

3. Aplikasi Toko Online


Selain menggunakan aplikasi yang telah disebutkan diatas, kalian juga bisa menggunakan aplikasi toko online untuk melihat saldo dari kartu uang elektronik yang kalian gunakan. Selain melihat sisa saldo, kalian juga bisa melakukan isi ulang kartu uang elektronik tersebut. Jadi kalian bisa melakukan isi ulang dan melihat sisa saldo bisa dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi toko online. Dari sekian banyak toko online di Indonesia, baru Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Blibli yang sudah menyediakan fitur isi ulang untuk uang elektronik. Selain itu, fitur isi ulang saldo uang elektronik hanya baru bisa melayani dari 2 bank saja, yakni Brizzi dari BRI dan e-Money atau e-Toll dari Bank Mandiri.

4. Samsung Pay


Bagi kalian yang mempunyai smartphone keluaran terbaru dari raksasa smartphone asal Korea Selatan ini, yakni Samsung. Kini kalian sudah bisa menikmati fitur Samsung Pay yang sudah terintegrasi dengan teknologi NFC. Tanpa harus memasang aplikasi dari pihak ketiga untuk melihat sisa saldo dari uang elektronik yang kalian miliki, kalian bisa langsung menggunakan Fitur Samsung Pay untuk melihat sisa saldo dari uang elektronik yang kalian miliki. Cukup mudah dan simpel menggunakan Samsung Pay untuk cek saldo kartu uang elektronik. Selain itu kalian juga bisa mengintegrasikan dompet digital seperti Dana ke dalam Samsung Pay. Sehingga dalam satu fitur tersebut, kalian sudah bisa membeli, membayar dan melihat sisa saldo uang elektronik.

Baca Juga:

Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, membuat semua pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Salah satu contohnya adalah cara cek saldo e-money mandiri lewat hp. Dengan kemudahan yang diberikan oleh teknologi, maka kita sebagai pengguna juga harus lebih waspada dan bijak dalam menggunakan teknologi tersebut. 

Itulah dia beberapa aplikasi cek saldo jackcard dan cara untuk melihat saldo uang elektronik yang kalian miliki. Sehingga dapat memudahkan kalian untuk menggunakan uang elektronik tanpa harus bersusah payah mencari ATM ataupun mesin EDC.

Post a Comment

0 Comments