Cara Cek IMEI HP Dengan Mudah, Untuk Smartphone Android

Cara Cek IMEI HP - Bagi kalian para pengguna smartphone, pasti sudah tidak asing dengan nomor IMEI yang terdapat di perangkat ponsel dan di kardus kemasan ponsel. International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah Nomor seri yang menjadi identitas, dari sebuah perangkat telepon seluler atau ponsel seperti smartphone. Dengan fungsi IMEI tersebut, kalian bisa mengetahui identitas dari sebuah smartphone, apakah smartphone tersebut beli dari tempat yang resmi atau beli di pasar gelap (Black Market).

Untuk mengetahui keaslian dari sebuah smartphone android, bisa kalian cocokan antara nomor IMEI yang terdapat di kardus kemasan ponsel dengan perangkat ponsel tersebut. Jika nomor IMEI yang terdapat pada perangkat ponsel dan kardus kemasan ponsel sama, maka bisa dipastikan bahwa smartphone yang kalian beli tersebut asli.

Jika kalian sudah cek IMEI yang tertera pada kardus kemasan ponsel dengan perangkat ponsel tersebut tidak sama, maka bisa dipastikan bahwa HP android yang kalian beli tersebut ternyata barang black market atau replika. Jika terjadi masalah seperti ini, maka pemilik smartphone tidak akan bisa melakukan klaim garansi pada distributor resmi dari smartphone tersebut.

Cara Cek IMEI HP Android Dengan Mudah

Cara Cek IMEI HP dengan mudah

Untuk nomor IMEI sendiri bisa kalian temukan dengan mudah pada box kemasan dari ponsel itu sendiri. Tapi kalian juga harus mencocokannya dengan perangkat ponsel tersebut, agar kalian bisa mengetahui keaslian dari ponsel yang sudah kalian beli itu. Cara cek IMEI android, sebenarnya ada beberapa cara. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak cara melihat nomor IMEI HP berikut ini.

1. Melalui Menu Setting

Melalui Menu Setting - Cara Cek IMEI HP dengan mudah

Cara yang pertama kalian bisa lihat pada Menu Setting atau pengaturan. Langkah pertama silahkan buka menu Settings > System > About Phone > Status > IMEI Information. Lalu kalian akan dibawa ke halaman IMEI Information, dimana kalian akan menemukan nomor IMEI HP android kalian. Setelah itu kalian bisa mencocokan nomor IMEI yang terdapat di perangkat ponsel tersebut dengan yang terdapat pada box kardus kemasan ponsel tersebut.


2. Menggunakan Dial Code *#06#

Menggunakan Dial Code - Cara Cek IMEI HP dengan mudah

Cara yang kedua untuk melihat nomor IMEI android dengan mudah adalah dengan menggunakan kode dial. Silahkan masukan kode dial *#06# pada menu dialer, di smartphone yang ingin dilihat nomor IMEI nya. Jika ponsel yang kalian gunakan mendukung dual SIM, maka nomor IMEI nya pun juga akan terdiri dari dua serial.

3. Pada Bagian Belakang HP atau Baterai

Pada Bagian Belakang HP atau baterai - Cara Cek IMEI HP dengan mudah

Cek IMEI hp android berikutnya juga terbilang sangat mudah, karena kalian hanya perlu melihat pada bagian belakang ponsel untuk smartphone keluaran terbaru. Sedangkan untuk ponsel yang lama, kalian bisa melihat nomor IMEI dengan mencopot baterai yang terpasang di smartphone tersebut. Karena biasanya nomor IMEI nya tertera di balik baterai smartphone tersebut.

4. Cek Melalui Situs Kemenperin

Cek melalui situs kemenperin - Cara Cek IMEI HP dengan mudah

Salah satu cara terbaru dalam cek IMEI oppo smartphone adalah dengan mengunjungi situs Kementerian Perindustrian dengan alamat imei.kemenperin.go.id. Di halaman web tersebut akan dijelaskan bahwa, jika nomor IMEI yang terdaftar di dalam database kemenperin, bisa dinyatakan bahwa smartphone tersebut adalah barang asli bukan barang black market atau replika. Justru jika nomor IMEI yang kalian masukan tidak terdaftar di database kemenperin, maka smartphone tersebut bisa dipastikan bahwa smartphone tersebut barang black market atau replika.

Baca Juga:

Itulah dia 4 cara untuk cek IMEI HP android dengan mudah, untuk mengetahui keaslian dari sebuah smatphone apakah termasuk barang black market atau bukan. Jika kalian sudah mengetahui nomor IMEI dari smartphone yang digunakan, maka kalian bisa langsung mencocokannya dengan box kemasan ponsel tersebut.

Jika kedua nomor IMEI nya sama, maka smartphone tersebut adalah barang asli. Tapi jika cek di situs kemenperin nomor IMEI nya tidak terdaftar dalam database, maka ponsel kalian termasuk ke dalam barang black market, atau barang yang sudah tidak memiliki garansi resmi dari distributor smartphone tersebut.

Post a Comment

0 Comments