TRON Aplikasi Angkot Online Untuk Naik Angkutan Umum

' ' ' '
TRON Aplikasi Angkot Online

Aplikasi Angkot Online - Siapa yang tidak kenal dengan angkutan umum atau biasa disebut dengan angkot, sebuah moda transportasi umum yang memiliki rute atau trayek yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Dengan menggunakan angkot tersebut, kalian bisa menuju ke sekolah, tempat kerja atau tujuan yang lainnya dengan rute yang searah dengan angkot tersebut.

Untuk kalian yang sering naik angkot, pasti pernah merasa kesal karena angkot yang sudah lama ditunggu juga tidak datang atau ngetem terlalu lama untuk menunggu penumpang yang lain. Untungnya dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, naik angkot pun kini bisa dengan menggunakan sebuah aplikasi angkutan online. Jadi kalian tidak perlu lagi menunggu lama angkot yang ingin kalian naiki. Selama ini angkot beroperasi secara point to point atau sesuai dengan trayek yang sudah ditentukan, tapi kini dengan aplikasi berubah menjadi on demand, sama seperti ojek online atau taksi online.

PT. Teknologi Olah Rancang Nusantara bekerja sama dengan VIA perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, mengembangkan sebuah aplikasi angkot berbasis online yang disebut dengan TRON. Sebuah aplikasi layanan pemesanan secara online untuk kendaraan umum yang berbasis permintaan atau on demand, sehingga dapat membawa banyak penumpang dalam satu kendaraan yang memiliki tujuan yang sama (ride sharing).

TRON Aplikasi Angkot Online Pertama Di Indonesia

TRON Aplikasi Angkutan Online

Bekasi menjadi kota pertama yang dapat menikmati layanan angkot online dari TRON ini, karena kota Bekasi sendiri memiliki masalah transportasi umum yang menarik untuk dipecahkan. Sebab dari 47 trip perjalanan 15 persennya itu berasal dari kota satelit tersebut. Sehingga masyarakat kota Bekasi, bisa menaiki angkot tanpa harus menunggu lama dengan menggunakan aplikasi TRON tersebut.

Dari sekian banyak angkot yang terdapat di Kota Bekasi baru sekitar 30 angkot yang sudah beroperasi di kota Bekasi dengan menggunakan aplikasi TRON, dan bersaing dengan transportasi online lainnya. Tidak tertutup kemungkinan jika kedepannya akan terus bertambah jumlah angkot yang akan beroperasi, sehingga dapat menekan jumlah kendaraan pribadi di jalan raya. Untuk membedakan angkot biasa dengan angkot online, pada angkot online terdapat stiker TRON di depan dan bagian belakang angkot, sehingga akan memudahkan penumpang untuk mengenalinya.

Untuk saat ini TRON baru melayani angkot K11A dengan rute Terminal Bekasi - Pasar Baru - Terminal Bekasi - Pom Bensin Setia Kawan - RS Rawalumbu - Pom Bensin Rawalumbu - Perumnas 1 Rawalumbu - Pasar Rawalumbu - Jembatan (1-13) Rawalumbu - Jalan Batu Giok - Guci Medika. Sedangkan untuk angkot K11B melewati Rute Horison Bekasi - Jalan Haji Eman - Jembatan (1-4) Narogong - Pom Bensin Setia Kawan. Selain itu ada juga juga bus Transpatriot koridor 2 dengan rute Wisma Asri - Summarecon - Stasiun Bekasi - Jl. A. Yani - Jl. KH. Noer Ali - Sumber Arta. Untuk bus Transpatriot koridor 3 melewati rute Perumahan Vida Bantar Gebang - Jl. Raya Narogong - Jl. Cut Mutia - Jl. A. Yani - Stasiun Bekasi - Summarecon.

Aplikasi Angkot Online TRON

Aplikasi Angkot Online TRON

Selama ini penumpang hanya dapat menggunakan angkot dengan menunggu dipinggir jalan, yang sesuai dengan area yang dilewati oleh rute atau trayek dari angkot tersebut. Tapi dengan menggunakan TRON aplikasi pemesanan angkutan umum secara online dan berbasis Ride Sharing, kini penumpang bisa diarahkan untuk penjemputan di halte virtual, maka angkot terdekat dari posisi penumpang akan segera menjemput penumpang yang menggunakan aplikasi TRON tersebut.

Dengan menggunakan teknologi yang disediakan oleh VIA, maka skema reroute yang disediakan dapat memungkinkan para angkutan umum untuk masuk ke dalam kawasan pemukiman penduduk yang sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Sehingga para penumpang dapat lebih mudah dalam menaiki angkot, tanpa harus berjalan jauh untuk menunggu angkutan umum di halte virtual.

Untuk menggunakan aplikasi TRON pun cukup mudah, kalian bisa download secara gratis melalui Playstore ataupun Appstore dan lakukan registrasi. Setelah kalian selesai melakukan registrasi, maka kalian cukup memasukkan lokasi yang akan dituju. Setelah itu kalian akan diarahkan ke halte virtual terdekat untuk menunggu angkot tersebut.

Baca Juga:

Dengan hadirnya aplikasi TRON dan angkot online, yang bertujuan untuk menumbuhkan kembali rasa kepercayaan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum. Maka secara tidak langsung juga mendukung program pemerintah, untuk mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya, jika banyak masyarakat yang beralih menggunakan angkutan umum, maka jumlah kendaraan pribadi di jalan raya akan menurun dan dapat mengurangi kemacetan.

Aplikasi angkot online TRON menerapkan bahwa angkot itu juga bisa seperti transportasi online lainnya, yang mudah dalam penggunaannya, nyaman dalam perjalanannya, lebih murah jika dibandingkan dengan angkutan umum yang biasa dan pastinya lebih cepat. Karena semua angkot yang terintegrasi dengan aplikasi TRON ini dilarang ngetem.

Posting Komentar

0 Komentar