Mau Mudik? Jangan Lupa Menggunakan Aplikasi Pemantau Arus Mudik Ini

' ' ' '
Aplikasi Mudik - Mudik merupakan salah satu kegiatan rutin atau tradisi yang dilakukan oleh orang-orang ketika menjelang lebaran untuk pulang ke kampung halaman mereka. Kebanyakan orang yang melakukan tradisi tersebut, selain melepas rindu dengan keluarga dan merayakan hari kemenangan, mereka juga ingin melakukan silaturahim berkunjung ke rumah sanak dan saudara.

Namun bagi kalian yang ingin melakukan tradisi tersebut dibutuhkan usaha ekstra agar kalian bisa mencapai kampung halaman dengan tepat waktu. Jalur darat merupakan rute favorit yang paling banyak digunakan oleh para pemudik untuk menuju kampung halaman mereka. Baik kendaraan roda dua, roda empat ataupun bus, sudah dipastikan akan memenuhi jalur mudik, sehingga kemacetan pun tidak dapat dihindari.

Kemacetan merupakan hal yang sering terjadi ketika arus mudik sedang berlangsung. Tapi bagi kalian pengguna kendaraan pribadi tidak perlu khawatir, karena kalian bisa menggunakan aplikasi mudik gratis 2022 untuk mengetahui info mengenai kemacetan di jalur mudik hingga mencari rute baru. Sehingga kalian bisa melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman.

Terhindar Macet, Dengan Menggunakan Aplikasi Pemantau Arus Mudik

Aplikasi mudik gratis

Dengan kecanggihan teknologi smartphone, kalian bisa memantau jalur mudik yang akan kalian lewati melalui perangkat ponsel. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa aplikasi penting untuk memantau arus mudik lebaran.

1. Travoy

Aplikasi mudik gratis

Travoy merupakan aplikasi yang dapat memberikan informasi terlengkap dan terupdate seputar jalan tol di Indonesia. Aplikasi yang dikembangkan oleh Jasa Marga ini dapat memberikan kemudahan kepada para pemudik untuk merencanakan perjalanan mudik mereka. Dengan memasukkan tanggal keberangkatan untuk mudik, mereka dapat mengetahui seberapa banyak orang yang akan melakukan perjalanan mudik dengan tanggal yang sama. Disamping itu masih banyak fitur lain yang bisa digunakan oleh para pemudik seperti info tarif tol, info rest area dan yang menarik kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk memesan makanan di rest area yang berjarak 20 km dari lokasi pemudik tersebut berada.

2. NTMC Mudik

Aplikasi mudik gratis

Sejak lebaran 2018, aplikasi keluaran Korlantas Mabes Polri ini sudah banyak membantu perjalanan para pemudik untuk melakukan mudik. Banyak informasi penting yang dapat diakses oleh para pemudik seperti titik kemacetan, lokasi SPBU dan Rest Area. Selain itu para pemudik juga bisa mengakses layanan lainnya dari NTMC seperti NTMC TV, Jasa Marga, Jasa Raharja serta informasi penting dari Polri terkait arus mudik.

3. Waze - GPS, Maps, Traffic Alerts & Live Navigation

Aplikasi mudik gratis

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh para pemudik untuk melihat peta dan arah jalan. Sehingga bisa digunakan untuk memantau kepadatan arus lalu lintas di jalur mudik dan mendapatkan informasi jalur alternatif yang tercepat sehingga bisa terhindar dari kemacetan. Selain itu para pemudik juga akan mendapatkan laporan mengenai arus mudik secara real time dari pengguna Waze yang lainnya.

4. Ayo Mudik

Aplikasi mudik gratis

Dengan menggunakan aplikasi ini para pemudik ditawarkan fitur jalur mudik yang dapat membantu mereka untuk memahami rute mudik yang belum mereka tempuh sebelumnya. Aplikasi Ayo Mudik dapat memberikan beberapa informasi mengenai titik kemacetan di jalur mudik. Selain itu aplikasi ini juga dapat menginformasikan fasilitas-fasilitas yang terdapat di sepanjang jalur mudik, seperti lokasi posko kesehatan, bengkel, mesjid, SPBU hingga ATM. Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan startup nasional Kudo.

5. Google Maps

Aplikasi mudik gratis

Tidak dipungkiri lagi bahwa aplikasi mudik tanpa iklan dari raksasa teknologi Google, merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk memantau arus lalu lintas secara real time. Ketika para pemudik menggunakan Google Maps, biasanya mereka akan diberikan beberapa rute alternatif untuk ditempuh. Disamping itu para pemudik juga dapat mengakses informasi untuk membantu perjalanan mudik seperti lokasi pom bensin, rest area ATM, restoran, bengkel hingga convenience store.

Baca juga:

Dengan menggunakan aplikasi mudik gratis ini, diharapkan para pemudik bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Sehingga tidak perlu khawatir ketika bertemu dengan titik kemacetan, karena semua aplikasi yang disebutkan diatas, dapat membantu para pemudik untuk menghindari titik-titik kepadatan di jalur mudik dan memberikan saran jalur alternatif.

Buat kalian yang akan melakukan mudik melalui jalu darat, jangan lupa untuk memasang aplikasi pemantau lalu lintas yang telah disebutkan diatas. Agar kalian bisa sampai kampung halaman tepat waktu sehingga bisa merayakan hari kemenangan dan bertemu dengan seluruh sanak dan saudara.

Posting Komentar

0 Komentar