Cara Mengatasi Masalah Hardisk Bad Sector pada Komputer

' ' ' '

Hardisk Bad Sector - Hardisk merupakan salah satu komponen utama dari sebuah sistem komputer. Karena menyimpan semua data yang dibutuhkan dan juga bertanggung jawab untuk mentransfer informasi dari satu komponen ke komponen lain. Jika hardisk pada sebuah komputer tidak berfungsi dengan baik, maka kalian tidak akan dapat mengakses file apa pun dari perangkat komputer tersebut.

Bad sector adalah masalah umum yang sering terjadi pada hardisk. Bad sector sendiri adalah bagian dari hardisk yang tidak dapat merespon perintah membaca (read) ataupun menulis (write). Penyebab hardisk bad sector dalam hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk kerusakan fisik pada hardisk itu sendiri, kesalahan perangkat lunak dalam sistem operasi atau firmware pada komputer yang kalian miliki (yang dapat menyebabkan file kalian hilang), atau bahkan karena usia hardisk yang sudah cukup tua.

Penyebab Bad Sector

Mengatasi Masalah Hardisk Bad Sector

Dari jenisnya sendiri, bad sector terbagi menjadi dua yakni physical atau biasa disebut dengan hard bad sector dan logical yang biasa disebut pula dengan soft bad sector. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, untuk hard bad sector ini kerusakan yang dialami oleh hardisk biasanya secara fisik. Kerusakan yang sering terjadi seperti terjatuh dan terbentur, sehingga head dari hard disk tersebut merusak dari cakram yang terdapat di dalam hardisk tersebut. Bisa juga karena debu yang masuk ke dalam hardisk dan menggores cakram di dalam hardisk. Untuk hard bad sector sangat sulit untuk diperbaiki, karena sudah merusak bagian fisik dari hardisk tersebut.

Untuk soft bad sector, kerusakan yang sering dialami biasanya karena adanya permasalahan dalam sistem operasi komputer yang kalian gunakan, atau software yang mengalami error dan corrupt. Cara memperbaiki hardisk bad sector ini dengan melakukan low-level format atau menggunakan program bawaan dari windows yaitu Disk Check Tool.

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Mengatasi Masalah Hardisk Bad Sector

Sebelum kalian memperbaiki hardisk bad sector, kalian harus mengetahui penyebab dari masalah bad sector hardisk tersebut. Seperti kalian ketahui, setiap pembuatan produk secara massal pasti ada beberapa produk yang mengalami cacat produksi. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan pengecekan, apakah hardisk kalian mengalami hard bad sector atau soft bad sector. Jika kalian sudah mengetahuinya maka langkah selanjutnya adalah mengatasi hardisk bad sector dengan melakukan pengecekan menggunakan program bawaan windows yakni Disk Check Tool.

Cara perbaiki hardisk bad sector dengan menggunakan Disk Check Tool ini, maka hardisk yang mengalami bad sector akan dipindai. Jika terdapat soft bad sector, maka program tersebut akan langsung perbaiki hardisk bad sector tersebut, sehingga hardisk yang mengalami bad sector bisa dapat digunakan kembali. Jika masalah bad sector yang dialami oleh hardisk tersebut lumayan banyak dan kompleks, maka windows secara otomatis akan menjalankan kembali Disk Check ketika komputer kalian direstart ulang.

Dibawah ini adalah cara untuk kalian menggunakan Disk Check Tool:

1. Buka windows explore, lalu klik kanan pada drive yang ingin kalian cek dan pilih properties.

Mengatasi Masalah Hardisk Bad Sector

2. Setelah menu properties terbuka, lalu kalian pilih tab Tools, pada bagian Error checking lalu                pilih Check.

Mengatasi Masalah Hardisk Bad Sector

3. Lalu akan muncul kotak dialog, setelah itu kalian pilih Scan and repair drive.

Mengatasi Masalah Hardisk Bad Sector

4. Tunggu hingga proses pindai dan perbaikan selesai.

Mengatasi Masalah Hardisk Bad Sector
Mengatasi Masalah Hardisk Bad Sector

5. Proses pengecekan tidak dapat dilakukan jika drive yang akan di cek sedang digunakan. Tetapi       windows akan melakukan penjadwalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan kembali.

Pengecekan hardisk yang mengalami bad sector dapat berlangsung cukup lama, karena tergantung dari kapasitas hardisk dan jumlah data yang terdapat di dalam hardisk tersebut. Maka satu hal yang perlu kalian ketahui, lakukanlah pengecekan hardisk ini ketika kalian sedang dalam waktu senggang dan tidak menggunakan komputer dalam waktu yang lama. Karena proses pengecekan tersebut bisa memakan waktu berjam-jam.

Baca Juga:

Itulah cara memperbaiki bad sector pada hardisk yang cukup simpel dan sederhana, kalian juga bisa menggunakan cara diatas untuk hard disk internal maupun eksternal dan USB Flash Drive. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan software memperbaiki hardisk bad sector seperti Disk Genius, Datalifeguard Diagnostic by WD, SeaTools by Seagate dan masih banyak lagi.

Lakukanlah backup data secara rutin untuk menyelamatkan data hardisk bad sector, baik itu ke penyimpanan cloud atau hard disk eksternal, agar semua data penting yang kalian punya tidak hilang jika mengalami hardisk bad sector. Lakukan pengecekan rutin pada hard disk kalian apakah terdapat bad sector atau tidak, lalu gantilah dengan hard disk yang terbaru jika proses perintah membaca (read) ataupun menulis (write) memakan waktu cukup lama, sebelum hard disk tersebut mengalami kerusakan lebih parah.

Posting Komentar

0 Komentar