Cara Convert Word ke PDF Dengan Cepat dan Mudah

' ' ' '

Convert Word ke PDF - Kalian pasti sudah tidak asing dengan file type doc, salah satu jenis tipe file yang dihasilkan oleh aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, Google Doc dan sejenisnya. Dengan aplikasi tersebut kalian bisa membuat, mengolah dokumen serta mengedit sebuah file yang nantinya akan tersimpan secara default dengan ekstensi doc.  

Namun sayang masih terdapat beberapa kekurangan, ketika kalian menyimpan file dalam bentuk doc tersebut, salah satunya adalah tata letak atau bentuk dokumen yang akan berubah ketika kalian membukanya di perangkat lain. Oleh sebab itu banyak dari sebagian orang yang lebih senang untuk convert file dari word ke pdf agar lebih mudah disimpan dan dibagikan ke orang lain.

Cara Convert File dari Word ke PDF 

Cara Convert Word ke PDF

PDF sendiri merupakan type file yang dikembangkan oleh Adobe System untuk memudahkan pertukaran data dalam bentuk digital. Tidak heran jika PDF menjadi salah satu format file yang sering digunakan oleh banyak orang ketika ingin menyimpan dan berkirim dokumen. Ada banyak data yang dapat disimpan dalam format PDF seperti dokumen, grafik, foto serta gambar. 

Untuk merubah file word menjadi pdf bisa kalian lakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word itu sendiri. Namun satu hal yang harus kalian ingat cara ini hanya berlaku untuk Microsoft Word versi 2010 keatas, untuk yang versi dibawahnya kalian bisa menggunakan situs online konversi PDF atau software convert word ke PDF. Berikut adalah cara convert file word ke pdf hanya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Convert Word ke PDF melalui Menu Save As

Cara Convert Word ke PDF
  1. Buka file yang ingin kalian ubah menjadi PDF di Microsoft Word.
  2. Lalu pilih menu File, dan pilih Save As, lalu klik Browse untuk memilih folder penyimpanan.
  3. Setelah muncul kotak dialog Save As, kalian bisa tuliskan nama file yang akan disimpan dan jangan lupa pilih Save as type nya menjadi PDF dan klik Save.
  4. Lalu tunggu hingga proses penyimpanan selesai.
  5. Setelah itu kalian bisa buka file convert dari word ke PDF di folder penyimpanan yang telah kalian pilih sebelumnya.  

Convert Word ke PDF melalui Menu Export

Cara Convert Word ke PDF
  1. Buka file yang ingin kalian ubah menjadi PDF di Microsoft Word.
  2. Lalu pilih menu File, dan pilih Export, lalu pilih Create PDF/XPS Document dan klik Create PDF/XPS untuk memilih folder penyimpanan.
  3. Setelah muncul kotak dialog Publish as PDF or XPS, kalian bisa tuliskan nama file yang akan disimpan lalu klik Publish.
  4. Lalu tunggu hingga proses penyimpanan selesai.
  5. Setelah itu kalian bisa buka file convert word ke pdf di laptop atau folder penyimpanan yang telah kalian pilih sebelumnya.  

Convert Word ke PDF melalui Menu Print

Cara Convert Word ke PDF
  1. Buka file yang ingin kalian ubah menjadi PDF di Microsoft Word.
  2. Lalu pilih menu File, dan pilih Print, lalu pilih Printer dan diganti menjadi Microsoft Print to PDF dan klik Print.
  3. Setelah muncul kotak dialog Save Print Output As, kalian bisa tuliskan nama file yang akan disimpan lalu klik Save.
  4. Lalu tunggu hingga proses penyimpanan selesai.
  5. Setelah itu kalian bisa buka file convert data word ke PDF di folder penyimpanan yang telah kalian pilih sebelumnya.  

Convert Word ke PDF melalui Google Drive

Cara Convert Word ke PDF

Jika kalian tidak memiliki aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word tidak perlu bingung, karena kalian bisa memanfaatkan layanan gratis convert word ke pdf agar tidak berantakan melalui Google Drive. Berikut adalah cara convert file word ke pdf online.
  1. Buka halaman drive.google.com
  2. Lalu unggah file yang ingin diubah kedalam Google Drive tunggu hingga proses unggah selesai. 
  3. Selanjutnya klik 2 kali pada file yang sudah di unggah tersebut, lalu kalian akan dialihkan ke halaman google docs berisi file yang ingin kalian ubah. 
  4. Lalu klik menu File pilih Download dan pilih PDF Document (.pdf).
  5. Selanjutnya kalian bisa unduh file yang sudah diubah menjadi pdf tersebut ke dalam komputer kalian.
Convert word ke pdf tanpa merubah format pun sekarang menjadi lebih mudah, karena banyak pilihan dan aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk melakukan proses tersebut. Selain mudah tentu saja gratis dan cepat, sehingga tidak perlu memakan waktu yang lama untuk convert file word ke pdf.

baca juga:
Itulah dia beberapa cara convert word ke pdf di laptop maupun PC, cara diatas termasuk metode yang sangat sederhana karena hanya membutuhkan aplikasi Microsoft Word untuk melakukan proses konversi. Selain itu kalian juga bisa convert gratis word ke pdf dengan menggunakan layanan dari google Drive dan Google Docs. Tiap-tiap cara convert word ke pdf tanpa merubah format memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing, jadi kalian bisa memilih cara yang sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya yang kalian miliki.

    Posting Komentar

    0 Komentar